Ekonomi Global Mengancam Industri Rokok Indonesia

Dikesempatan kali ini gue masih membahas Seputar Rokok. Hal ini melihat industri rokok yang sangat besar di indonesia, kususnya Kabupaten Kudus. Industri rokok menjadi salah satu penyumbang terbesar APBN negara. Bisa di bilang rokok di indonesia sangat bebas di perjual belikan hal ini yang mengakibatkan pertumbuhan industri rokok di indonesia semakin besar. Bagi perokok Rokok merupakan kebutuhan pokok yang mau tidak mau harus dipenuhi setiap harinya. 

Industri Rokok memang sangat menjajikan tapi dibalik atu adabanyak tantangan berat yang harus di hadapi. Pasalnya dibulan september Sebuah Produsen rokok menawarkan pengunduran diri sukarela kepada 1.000 dari 8.000 karyawan yang bekerja di pabrik rokok sigaret mesin (SKM) yang diberikan pada mereka yang masa kerjanya 20 tahun ke atas. Terbukti Setelah disepakati ada 970 pegawai yang menerima tawaran pengunduran diri secara sukarela. 

Langkah tersebut diambil agar perusahaan bisa efiesien. Terutama melihat tantangan industri rokok yang semakin berat.  Selain tarif cukai yang terus naik,  sejak 2014 diberlakukan  pajak rokok  sebesar 10%. Harga bahan baku juga membebani, terutama harga cengkeh. Di sisi lain, pangsa pasar rokok, terutama kretek, terus menurun. Bahkan dari hasil penelitian penurunannya bisa mencapai 30%. 

Akan di mulainya ekonomi global yang kabarnya tahun 2015 menjadi PR tersendiri bagi industri rokok di indonesia. Kususnya Melawan produk impor kususnya Rokok elektri yang akan banyak berdatangan masuk dan meyerbu industri rokok di indonesia. Melihat dari venomena yang ada sekrang ini Rokok Elektrik adalah pesaing utama industri rokok di indonesia untuk saat ini, meskipun masih belum sefamiliar rokok kretek. Mungkin untuk sekarang Industri rokok kita masih menang kususnya dalam hal harga. Rokok kretek Indonesia masih terjangkau di bandingkan dengan Rokok elektrick yang cenderung mahal berkisar IDR 500.000 sampai IDR 2.000.000 dan belum memiliki badan POM. Tapi tidak menutup kemungkinan ketika ekonomi global di buka maka  bisa dibayangkan ribuan Rokok Elektrik berdatangan tanpa terkena pajak yang membuat harga bisa lebih bersaing dengan Rokok indonesia. 

Dilihat dari segi marketing dan Produk, Rokok Kretek sudah bukan tandingan bagi Rokok Elektrik, banyaknyaknya cara dan semakin gencarnya produsen Rokok Elektrik untuk mengalihkan Perokok Kretek ke Rokok Elektrik dilihat sudah 75% persen berhasil. Serta memanfaatkan kelebihan yang dimiliki Rokok Elektrik dan argumen -argumen yang menonjolkannya menjadi kartu as yang sangat mematikan. ini salah satu contoh keseriusan Produsen Rokok Elektrik uantuk mengalihkan Perokok Kretek ke Rokok Elektrik (Penasaran seperti apa rokok elektrik bisa kalian baca disini Rokok Elektrik)



Gimana Kerenkan? hehehe. ya segitu dulu posting dari saya dan dengan di publikasikanya posting ini  Semoga Indonesia jadi lebih siap menghadapi Ekonomi Glabal 2015 Amin, Hubunganya apa coba Ah sudah lah :3

Intinya Gue disini cuma berbagi Argumen semoga argumen saya bermanfaat bagi kalian semua mau Copas silahkan dengan syarat Bantu Share :D dan klick iklan 1x jangan lebih. Catatan Posting di atas gak gue baca ulang jadi kalo ada kata yang ambigu mohon di maklumi :D

Terimakasih 

Sebagian Sumber http://pinkkorset.com/tag/pabrik/

Baca Juga:
Efek Samping Vapor,  Apa itu Vapor

2 Responses to "Ekonomi Global Mengancam Industri Rokok Indonesia"