Ini dia Cara Mengetahui Penyebab Blue Screen di Komputer Menggunakan BlueScreenView

Ini dia Cara Mengtahui Penyebab Blue Screen di Komputer menggunakan BlueScreenView
Mengetahui Penyebab Blue Screen di Komputer menggunakan BlueScreenView, mungkin bagian sebagian orang adalah merupakan momok yang sangat mengerikan bagi sebagian orang. www.gratisan-pol.blogspot.com

BlueScreen di identikkan dengan bibit kerusakan total pada komputer, padahal sebenarnya tidak. Hebohnya lagi, bagi sebagian orang yang tidak tahu menahu, dan tidak mau mencari penyebab BlueScreen mengambil sebuah jalan pintas. Ya, INSTALL ULANG OS. Padahal tidak selamanya install ulang dapat menyelesaikan masalah. Buktinya, si "layar biru" masih tetep nongol setelah install ulang. BlueScreen sebenarnya dapat dikatan sebagai media penyampaian pesan oleh si Komputer kepada si Brainware (user atau kita yang memakai) bahwa ada suatu ketidak beresan di komputer kita. Ketidak beresan ini tidak semena-mena hanya dari sebuah software (mungkin yang berfikir demikian, lalu mengambil jalan pintas untuk install ulang) namun dapat juga berasal dari hardware. Semisal benar berasal dari hardware, maka solusi install ulang jelas tidak dapat diterima. Didalam pesan si Layar Biru sebenarnya juga terdapat sebaris kode pesan yang mengartikan, letak ketidak beresan pada komputer kita. Ini jelas dapat menjadi patokan untuk kita memulia dari mana akan memperbaiki permasalahan yang ada dengan tepat sasaran dan tidak berlebih-lebihan tentunya.
Untuk itu ada baiknya kita mengenal beberapa kode-kode BlueScreen yang sering muncul,

1. IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL (0X0000000A)

Kode ini disebabkan ketidak cocokan driver yang terinstall dengan komponen yang ada dalam komputer, misalnya :
  • Driver crash atau tidak cocok
  • Pemasalahan pada Graphic Card meliputi overclock belebihan atau kamu belum menguninstall driver lama setalah mengupdate ke driver yang baru (chipset berbeda)
  • Bug pada driver Audio Card, atau kesalahan konfigurasi.
2. NTFS_FILE_SYSTEM atau FAT_FILE_SYSTEM (0X00000024) atau (0X00000023)
Pesan ini berarti terdapat ketidak beresan pada partisi atau file sistem, namun bukan  pada hardisk secara fisik. Check kerusakan pastisi dengan tool checking disk (run->cmd->chkdsk) atau cek kabel yang terpasang (SATA / ATA)
3. UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP (0X0000007F)

Pesan ini berarti :
  • Overclock berlebihan
  • Komponen komputer terlalu panas (overheat)
  • BIOS yang corupt, atau
  • Memory dan CPU bermasalah
Untuk lebih lengkapnya, bisa di check di blog di sini . Karena posting ini tidak akan menjelaskan kode-kode BlueScreen, sudah banyak yang membuat, hehehe.
Agar dapat mengetahui dan mencatat pesan BlueScreen yang muncul, tidak perlu lagi kamu harus menunggu sampai layar komputermu berwana biru, cukup gunakan tool BlueScreenView. BlueScreenView akan menginfomasikan kode BlueScreen apa yang terjadi pada komputer kamu, sekaligus menginformasikan file yang bermasalah (jika berupa file). Kamu juga dapat menyimpan report hasil pencarian potensi layar biru dari BlueScreenView. Tampilan BlueScreenView kurang lebih seperti berikut (SS notebook pribadi not fake picture)

Ini dia Cara Mengtahui Penyebab Blue Screen di Komputer menggunakan BlueScreenView

Seperti yang terlihat pada gambar, tampilan BlueScreenView dibagi atas dua jedela, Jendela atas menginformasikan tentang kode BlueScreen, sedangkan jedela bawah menginformasikan file-file yang bermasalah. Kebetulan pada gambar terdapat kode IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL yang menandakan ada driver yang bermasalah. File driver tersebut dapat dilihat di jendela bawah. Sekarang kamu dapat menentukan langkah pasti untuk menangani masalah yang muncul.
Informasi lebih lanjut mengenai BlueScreenView dan link download dapat dilihat di sini.
Sekian posting yang sedikit ini semoga bermanfaat. CMIIW

Silahkan Memberi Komentar :)

1 Response to "Ini dia Cara Mengetahui Penyebab Blue Screen di Komputer Menggunakan BlueScreenView"

  1. Wah terima kasih atas informasinya sehingga kami memahami terkait blue Screen ini.

    Kami juga membahas ini di website kami, Monggo juga mampir sebagai info untuk makin yakin pakai SSD
    https://bangamingadget.com/penyebab-blue-screen-serta-solusinya/

    terima kasih

    ReplyDelete