Kamus istilah Dalam Hackintosh

Hackintosh Gratisan Pol
Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan materi tentang Hackintosh lagi, dan sekarang yang saya bahas adalah tentang Istilah-istilah dalam Hackintos. Jika kalian calon hackintoser kalian harus memahami istilah-istilah yang sering digunakan, seperti Kext, Bootflag, Karnal Panic, dll. Jadi supaya kalian tidak bingung saya akan memberikan Penjelasan dari beberapa istilah yang sering di gunakan oleh para Hackintoser, oke langsung saja. www.gratisan-pol.blogspot.com

EFI  (Extensible Firmware Interface) adalah Spesifikasi yang berfungsi sebagai interface antara OS dan firmware. EFI ditujukan sebagai pengganti firmware BIOS. Spesifikasi EFI awalnya dikembangkan oleh Intel, dan kini dikelola oleh Unified EFI Forum.

GPT adalah standar layout untuk tabel partisi di HDD. GPT merupakan bagian dari EFI, sedangkan BIOS menggunakan MBR. BPT menggunakan LBA (Logical Block Addressing) modern sebagai pengganti CHS (Cylinder-Head-Sector) yang dipakai oleh MBR.

Inti dari sebuah OS yang bekerja menangani resource dan kinerja hardware. Kernel juga menjadi jembatan bagi aplikasi lain untuk menggunakan resource tersebut. Semua aplikasi yang berjalan di atas sebuah OS dirancang sesuai dengan karakteristik kernel. Ketangguhan sebuah OS sangat tergantung dari kehandalan kernelnya.

Fitur yang membantu melindungi file system dari kegagalan komponen atau kehilangan daya listrik secara tiba-tiba. Journaled pertama kali diperkenalkan di Mac OSX Server 10.2.2 dan Mac OSX 10.3. Saat fitur journaled diaktifkan di sebuah disk, perubahan file akan terus dicatat secara kontinyu. Jadi saat terjadi kegagalan daya atau masalah hardware, journal akan dipakai untuk me-restore disk ke saat belum terjadinya masalah.

Mac OS Extended adalah file system yang dikembangkan oleh Apple untuk menggantikan HFS (Hierarchical File System). HFS+ mendukung file yang lebih besar atau 32-bit dan menggunakan penamaan Unicode.

Salah satu variasi dari UNIX OS yang dikembangkan oleh Komputer Universitas Barkeley. BSD ini dikenal memiliki kemampuan teknikal yang lebih baik dan memiliki inovasi-inovasi di dunia perkomputeran secara umum dan Unix secara khusus.

Sebuah grup dari perusahaan, konsultan, universitas dan sumber-sumber lain yang membuat suatu ukuran standard untuk berbagai masalah, termasuk dalam perkomputeran. 
Contoh : ISO 9660 adalah file system yang digunakan oleh CDROM.

Adalah nama bagi sector pertama dari harddisk yang dapat di boot. MBR berisi kode yang digunakan untuk me-load system operasi ke memori atau untuk bootloader dan tabel partisi dari harddisk tersebut. Catatan: MBR hanya dikenal di mesin PC (Win or hackintosh), sedangkan mesin Apple hanya menggunakan GPT karena dia tidak memiliki BIOS melainkan EFI.

Adalah program yang berfungsi memberikan pilihan kepada kita untuk memilih sistem operasi mana (lebih dari satu) yang akan di jalankan pada saat boot. Bootloader seperti Darwin atau Cameleon populer dengan kemampuan itu dan sangat berguna dalam dua atau lebih sistem operasi.

Adalah bagian kecil dari memory dengan ukuran yang telah ditentukan, yang dapat bersama dengan file mode block, tabel sistem, suatu proses dan sebagainya. Hubungan dari seluruh buffer di pelihara oleh cache buffer.

Suatu bagian yang sangat penting dari sistem Kernel, menjaga seluruh buffer tetap diperbaharui, menyusutkan cache ketika dibutuhkan, membersihkan buffers yang tidak dibutuhkan dan banyak lagi.

Adalah mesin user (layar hitam/putih + script) yang tersambung kepada satu mainframe pusat yang besar.

Proyeksi dari memory VGA ke dalam alamat mesin. Ini membolehkan aplikasi untuk memasuki memory VGA tanpa harus mengkoordinasikannya dengan VGA. Seluruh VGA kelas Highend menggunakan framebuffer.

Adalah file yang tidak tampak. File hidden (sembunyi) dimulai dengan karakter "." dan digunakan untuk menyimpan konfigurasi pribadi untuk setiap program yang digunakannya. 
Contoh : file2 system/installation yang tersimpan didalam Distro Hackintosh.

Terkadang dikenal dengan "home", ini adalah nama untuk direktory pribadi dari user. untuk varian OSX maupun Hackintosh, mengubah name home bisa menimbulkan masalah.

Sebuah device dikatakan telah di mount apabila ia sudah di kenali oleh file system GNU/OSX86. Ketika kita me-mount suatu device (USBFlashdisk or HDD Ext) kita dapat melihat isinya. Istilah ini merupakan bagian dari fasilitas super-mount yaitu user tidak perlu lagi me-mount suatu device secara manual.

Adalah kemampuan Sistem operasi untuk membagi beban CPU dalam melaksanakan beberapa proses. Pada tingkat rendah, ini juga dikenal dengan multi programming. Berpindah dari satu proses ke proses lain membutuhkan seluruh proses tersebut disimpan terlebih dahulu baru di datangkan kembali ketika proses tersebut terpilih kembali. Operasi ini disebut berpindah konteks (context switch), pada mesin Intel hal ini dapat dilaksanakan 100 kali dalam sedetik; makanya pengguna beranggapan bahwa sistem operasi menjalankan beberapa proses dalam sekali jalan. 
Ada dua tipe dari multitasking : 
preemptive multitasking yaitu di mana sistem operasi bertanggung jawab untuk membawa CPU dan melepaskannya untuk proses yang lain, cooperative multitasking adalah di mana proses tersebut yang mengembalikan CPU. Variasi pertama adalah pilihan terbaik karena tidak ada program yang membutuhkan seluruh CPU dan menghalangi proses yang lain. GNU/OSX86 memiliki metode preemptive multitasking. Pengaturan untuk memilih proses yang mana yang harus berjalan, tergantung pada beberapa pilihan disebut dengan schedulling (penjadwalan).

Adalah sistem operasi yang membiarkan banyak pengguna untuk masuk dan menggunakan sistem pada waktu yang bersamaan, masing-masing bisa melaksanakan pekerjaan mereka secara bebas tanpa tergantung pada pengguna yang lain. Sebuah sistem operasi yang multitasking perlu mendukung multiuser. OSX86 memiliki multitasking dan multiuser, sebagaimana sistem Unix dan klonnya.

Kata rahasia atau kombinasi dari karakter-karakter yang digunakan untuk mengamankan system. Password digunakan untuk login ke sistem operasi yang multiuser, ke website, FTP site dan lain-lain. Password harus benar-benar rumit dan sebaiknya tidak berdasarkan kata-kata yang terdapat di dalam kamus. Password memastikan orang lain tidak dapat masuk ke komputer ataupun akses lain dengan menggunakan account yang bukan miliknya.

File yang mengandung perbaikan-perbaikan, kemampuan-kemampuan baru, menghilangkan kesalahan (bugs), atau merupakan perubahan dari program tersebut.

Adalah penanda untuk file dan direktory pada file system. Perbedaan dari path adalah dipisahkan oleh garis miring "/". Ada dua tipe path pada sistem OSX86. Path relative adalah posisi file ataupun direktori yang berhubungan dengan direktori itu. Path absolute adalah posisi file ataupun direktori yang berhubungan dengan direktori root.

Adalah penguasa dari setiap sistem Unix. Umumnya root (atau administrator) adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk memelihara dan mengawasi sistem Unix. root juga memiliki hak akses yang penuh ke seluruh tempat di dalam system.

Adalah tingkatan direktory yang paling tinggi pada system. Direktory root ditandai dengan ‘/’.

script adalah rangkaian perintah yang akan di jalankan seperti jika perintah tersebut dimasukkan satu persatu dari prompt. Shell script pada Unix dalam OSX86 adalah Terminal.

Berguna untuk meng-emulasi BIOS supaya seolah-olah mirip dengan Hardware Apple yang sebenarnya. Tujuannya sederhana, agar lebih mendukung sistem Mac OSX yang terinstall di hardware PC (non Apple) dan memungkinkan updater ke Official Mac website. Biasanya kalo SMBIOS sdh terinstall di PC sebagai Hackintosh, pada System Profiler akan terbaca sebagai "MacPro; MacBook; bahkan MacBook Air *"

Dont Steal Mac OS X.kext = adalah kext dari Apple yang tugasnya untuk mencegah OS X di-install di hardware yang bukan Apple a.k.a Hackintosh, Kalau mau experiment silahkan hapus Dont Steal Mac OS X.kext dari S/L/E anda :-P dan lihat apa yang terjadi. Tentu Dont Steal Mac OS X.kext ini oleh Apple dibuat memakai encryption dengan algoritma yg sulit dibaca/dipecahkan oleh orang awam, atau juga bisa disebut sebagai key. Untungnya jawara2 OSX86 a.k.a Netkas punya kemampuan diatas rata-rata untuk membuka key/kunci ini. Lahirlah dsmos.kext yang juga di sebut Decrypter(lawan kata dari encryption), kemudian bermunculan Decrypt.kext juga AppleDecrypt.kext yang fungsinya sama, yakni pembuka kunci Dont Steal Mac OS X.kext ini. 
Ketiga kext ini malang-melintang di dunia per-Hacintosh-an dari 10.4.4 sampai 10.5.8, dan di awal lahirnya 10.6, lahir juga fakesmc.kext yang tugasnya sebagai pembuka kunci, sekalian berkemampuan menipu OS X bahwa di Hackintosh kita ada device SMC. Di PC Hackintosh kita wajib memiliki kext ini (pilih satu saja yang cocok untuk anda :P ), atau OS X tidak akan membuka pintu untuk PC anda alias KP :D

Kexts, singkatan dari Kernel Extentions adalah driver yang di instal di directory /System/Library/Extentions. Kext merupakan file system yang mendukung keberadaan hardware, dalam kasus OSX86 adalah untuk menggantikan Apple driver asli yang dioptimalkan penggunaannya pada PC. Tanpa adanya dukungan (instalasi) kext yang sesuai untuk hardware PC terhadap OSX86, maka system tidak bisa mengoptimalkan fungsi hardware seperti VGA; LAN; usb port; audio; keyboard & mouse, serta periperal lainnya. 
Pada kasus OSX86 Snow leopard (via retail OSX), kext cukup di instalkan kedalam directory /Extra/Extentions. 
Instalasi kext di OSX86 menggunakan aplikasi seperti kexthelper atau OSX86tool, yang akan membantu membuat perintah pada terminal agar OSX86 bisa mengenali keberadaan kext yang baru, sehingga OSX86 bisa mengenali driver periperal pada motherboard PC.

ACPI(Advanced Configuration and Power Interface) mendefinisikan sejumlah besar tabel antarmuka (interface) antara ACPI-compliant sistem operasi dan sistem firmware. Ini memungkinkan sistem mendeskripsikan perangkat keras secara independen ke dalam platform, dan tetap disajikan sebagai salah satu format struktur data yang disebut ACPI Machine Language (AML).

adalah tabel utama AML pada BIOS. Tabel ini memberitahu Sistem Operasi bagaimana cara berinteraksi dengan hardware yang berisi informasi tentang sistem dasar seperti Processor, Audio, LAN, USB, Power Management dll. Masalahnya adalah bahwa OSX memiliki implementasi ACPI yang tidak lengkap yang hanya mendukung sebagian dari

Adalah DSDT.aml yang telah di modifikas untuk melakukan beberapa fix terhadap hardware seperti CMOS reset, speedstep, Native GFX, AppleHDA, USB UCHI/EHCI, dll. Tentu saja DSDT yang dimodifikasi terhadap hardware tertentu pada PC tidak bisa diterapkan begitu saja pada PC yang lain.

SMC singkatan dari System Management Control, Oleh reset SMC anda bisa menyelesaikan beberapa masalah komputer seperti tidak bisa start, tidak dapat menampilkan video, sleep, masalah kebisingan kipas, dll. 
Sementara RTC (Real time Clock) adalah sebuah Chip pada Logicboard (Motherboard pada mesin Apple) yang mengatur fungsi tanggal & waktu pada komputer. Pada kasus OSX86, Jika komputer mengalami masalah boot, pengaturan ulang pada RTC dapat menyelesaikannya.

Kernel Vanilla (original kernel dari MacOSX) yang kompatible dan mampu dijalankan pada OSX86, tanpa patch atau modifikasi terhadap kernel tersebut. System yang mampu dan didukung oleh Vanilla Kernel adalah PC yang memiliki processor berbasis core 2. Sedangkan PC dengan processor AMD & Pentium (4, D, i7 dan Atom) harus menggunakan kernel modiifikasi seperti voodoo, AnV XNU; Qoops, TOH, dll.

EFI adalah Extention Firmware Interface. Istilah ini hanya ada pada mesin Apple (BIOS nya Apple macintosh). Pada OSX86, Emulasi EFI adalah EFI yang telah dimodifikasi untuk mengelabui hardware pada PC, seoalah-olah hardware tersebut adalah mesin Apple yang sesungguhnya, melalui bootloader. Distribusi Emulasi EFI pada OSX86 adalah PC_EFI dan Chameleon. Hampir semua Distro OSX86 mempunyai emulasi EFI yang telah terintegrasi didalam installernya. Emulasi EFI dibutuhkan dalam penggunaan Kernel & kext, termasuk skema partisi GPT/MBR & EFI String. Pada kasus instalasi OSX retail pada PC, Emulasi EFI sering digunakan pada Bootable disc seperti Boot132 dan Empire EFI atau Reabel EFI (pystar).

EFI String adalah salah satu cara mengaktifkan VGA yang compatible dengan OSX86, tanpa harus menginstalkan driver atau kext injector seperti NVInject; NVKush; Natit,dll. EFI String bisa diaktifkan lewat OSX86tools, melalui View PCI Device/Vendor ID. OSX86 akan mengenali keberadaan VGA yang compatible jika string telah diaktifkan dengan cara menuliskannya pada file system com.apple.Boot.plist sehingga VGA akan diregistrasi & di enabled pada saat boot. EFI String menjadi tidak berfungsi apabila system telah terinstal driver atau injector yang tidak cocok dengan VGA yang anda gunakan.

Istilah Retail version adalah, installer mac OS X yang dijual secara retail, di toko2 reseller Apple. seperti, Tiger 10.4.x; Leopard 10.5.x maupun Snow leopard 10.6.x.. Tentu saja installer ini adalah versi aseli dari Apple macintosh.. tanpa patch, atau modifikasi terhadapnya.. selain retail,.. versi original lainnya adalah istaller bawaan dari mesin Apple itu sendiri seperti macbook; imac; dll. versi ini disebut sebagai versi bundling, dan tidak bisa diinstallkan ke mesin Apple lain yang tidak sejenis. 
Dahulu,.. jaman Tiger 10.4.6, saat pertama kali OSX berhasil diinstall di PC, para jawara hackintosh memodifikasi terlebih dahulu installer versi retail maupun bundling.. 
Versi aseli dari Apple tersebut dimodifikasi, baik kernel maupun bootloader EFI nya.. dan menambahkan beberapa patch dan driver didalamnya sesuai dengan PC yang diujicobakan pada saat itu. kemudian hasil modifikasi installer tadi di compile lagi menjadi installer yang baru dan siap diboot sebagai installer CD/DVD,.. 
Karena modifikasi ini, maka istilah retail menjadi hilang, dan berganti nama menjadi istilah Distro.. Istilah Distro inipun muncul karena setelah versi JAS 10.4.6, banyak bermunculan versi2 installer hackintosh lainnya seperti Kalyway 10.5.2; iDeneb 10.5.5; iAtkos 10.5.7; Hazard 10.6.2; dll,.. kesemuanya itu disebut dengan Distro, istilah yang sama pada varian Linux sesuai dengan nama pengembangnya. 
Dengan perkembangan yang ada sekarang ini,.. 
Maka, ketidak mungkinan versi retail di install di PC menjadi gugur,.. 
Karena, sekarang para developer hackintosh seperti VoodooLabs;
Netkas; Pistar, dll, cukup mengembangkan program imulasi EFI seperti Boot132; Empire EFI atau Rebel EFI, untuk mengelabui BIOS (PC), sehingga versi retail mac OS X mampu diboot dan dapat di instalkan.. 
Walaupun demikian,.. PC dengan installer retail version tetaplah disebut sebagai Hackintosh atau istilah lainnya adalah OSx86, karena PC secara umum disebut sebagai x86 machine

DMG adalah singkatan dari Disk Image. DMG adalah sebuah file container untuk menyimpan applikasi atau berkas/ data (=bisa app; mpkg; dll). DMG mempunyai feature kompresi dan enscripsi. DMG mirip seperti Zip atau RAR, namun DMG spesifik hanya kompatible terhadap system operasi Macintosh. DMG bisa Read/write karena bersifat flexible pada saat di Mount, sehingga kita bisa menambahkan atau mengurangi isi didalamnya dan menyerupai drive (berbeda dengan RAR/ZIP) pada aplikasi Finder, namun demikian proteksi (password) dan status read only juga bisa diberlakukan pada file DMG pada feature nya. 
DMG bisa dibuat dengan aplikasi Disk Utility (Application/Utility), dan diperkenalkan pertama kali sebagai Disk Copy pada Mac OSX 10.2.3. Karena DMG bersifat container, bisa mount dan sebagai simulasi drive, maka statusnya sama dengan ekstensi lain seperti *.ISO dan *.toast, sehingga untuk mengubah DMG menjadi ISO atau Toast cukup dengan me-rename extensi nya saja. 
Hasil conversi DMG sebuah installer, bisa langsung di Burn kedalam DVD sebagai bootable. Pada system operasi windows, DMG hanya bisa diconversi menjadi ISO dengan program PowerISO, sedangkan untuk membukanya harus menggunakan program: TransMac, HFSExplorer, 7-Zip , UltraISO, IsoBuster atau MacDrive.

MPKG adalah singkatan dari Meta Package. Atau secara deskripsi disebut sebagai Macintosh paket installer yang berisi semua file installasi yg diperlukan dalam satu paket tunggal Mac OS X. 
MPKG lebih dikenal sebagai file installasi, sama seperti halnya *.exe dalam system operasi Windows. Isi dalam MPKG bisa berupa banyak kext driver atau app secara menyeluruh dengan tujuan instalasi yang telah ditentukan. Dalam OSx86, ekstraksi & installasi sebuah file MPKG lebih terarah dengan menggunakan applikasi Pacifist. Dengan Aplikasi Pacifist, kita dapat memilah apa saja yang mau diinstall atau tidak di dalam sebuah file MPKG. Maka tidak heran, perubahan dari hasil install MPKG dengan cara double klik dibandingkan dengan App pacifist terkadang memberikan hasil (perubahan efek) yg berbeda.

App sigkatan dari Applications. Applications adalah aplikasi/ software paket yang berjalan pada system operasi Macintosh. Sebuah App adalah content yang berisi fungsi dan berbagai file system yang mendukung berjalannya aplikasi tersebut. 
Di Macintosh sebuah App adalah unik, karena beberapa diantaranya tidak membutuhkan proses installasi, cukup "drag & drop" saja dan bisa dicopykan ke system operasi Macintosh yg lain tanpa harus melalui proses install ulang, demikian juga proses uninstallnya, cukup "move to trash" dan tidak membebani maupun mengganggu kinerja system secara keseluruhan. Dengan kata lain beberapa App di Mac OS X mirip sekali dengan aplikasi portable pada system operasi windows.

Tunggu Updeat selanjutnya Hal yang Perlu di Perhatikan Sebelum menginstal Hackintosh Silahkan Memberi Komentar :)

3 Responses to "Kamus istilah Dalam Hackintosh"